Thursday 15 August 2013

solusi permasalahan dalam menginstall iMac

Sistem operasi yang digunakan oleh macbook sama dengan sistem operasi yang digunakan oleh iMac namun jangan disangka bahwa dalam penginstalan ke duanya sama dan selalu berjalan mulus. Sempat di bingungkan selama dua hari dalam menginstall iMac, saya menginstall OS X mountion lion  di macbook pro 13 inc dengan menggunakan usb Flash Disk yang sebelumnya saya membuat bootingannya dengan menggunakan Lion Disk Maker, penginstalan berjalan dengan lancar sampai proses selesai setelah itu saya menginstall OS X montion lion dengan flash disk yang sama di iMac 21.5 ich dan apa yang terjadi , iMac sama sekali tidak mengenali OS X mountion lion dari flash disk tersebut, saya pikir ini ada file yang corrup dari OS X tersebut jadi saya membuat ulang bootingannya dan kembali mencobanya di iMac namun masih saja tidak bisa malah muncul tanda larang di layer iMac setelah itu iMacnya shutdown secara otomatis. Saya pikir ini adalah cara penginstalan saya yang salah karena cara penginstalan yang biasa saya lakukan di macbook selalu berhasil dengan proses sebagai berikut :

1. Siapkan bootingan dari flash disk dengan menggunakan lion disk maker
2. Restart Macbook dan di saat startup atau mulai menyala kemabali tekan dan tahan tombol option di keyboard.
3. Akan muncul pilihan anda mau booting kemana, silahkan pilih boot dari flash disk mountion lion
4. Masuk di disk utility, pilih tab erase dan pada format pilih mac os extended (Journaled) dan klik erase
5. Keluar dari disk utility dan pilih reinstall os. tunggu sampai prosesnya selesai.

cara seperti ini berhasil di macbook namun tidak berhasil di iMac dan akhirnya saya menemukan solusi permasalahan dalam menginstall iMac yaitu tidak menggunakan tombol option ke keyboard pada saat startup. Berikut panduan solusi permasalahan penginstalan iMac :

1. Pastikan anda mempunyai koneksi internet, walaupun anda saat ini belum atau tidak terkoneksi maka pastikan saja anda bisa terhubung dengan koneksi internet karena nanti akan di minta oleh sistem.
2. Anda tidak perlu mempuyai flash disk untuk bootingnya.
3. Restart iMac anda dan pada saat mulai menyala kembali atau pada saat start Up tekan pada keyboard tombol Comman dan R secara bersamaan.
4. Pada tampilan yang muncul bagian bawah masukkan nama wifi anda dan paswordnya jika anda belum terkoneksi dengan internet.Perlu di ingat ini membutuhkan jaringan Wifi.
5. Tunggu sampai proses selesai dan kemudian akan muncul tampilan baru. Masuk di disk utility, pilih tab erase dan pada format pilih mac os extended (Journaled) pada bagian name isi dengan nama hardisk yang anda inginkan dan klik erase
6. Setelah proses erase selesai keluar dari disk utility dan pilih reinstall os. tunggu sampai prosesnya selesai.


 

Makassar 2013·Macbook by Rukman || HOME